Taty Rahayu

Nama Taty Rahayuningsih, lahir di Banyumas 6 Januari 1969. Saat ini bekerja sebagai Pengawas Sekolah di Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor propinsi Jawa Barat. Ho...

Selengkapnya
Navigasi Web
SELAYANG PANDANG KABUPATEN BOGOR (4)
#95_4 JULI 2020

SELAYANG PANDANG KABUPATEN BOGOR (4)

Bagian 4

Puncak Yang Ku Rindu

Siapa di antara pembaca yang belum pernah singgah di wisata alam Puncak, bahkan baru membaca namanya? Bila memang demikian, mari ikuti kisah saya tentang wisata alam Puncak yang luar biasa mempesona hingga membuat bibir kita berdecak kagum. Bisa jadi para pembaca ingin datang kembali untuk melepas penat di akhir pekan bersama keluarga.

Puncak adalah sebuah daerah wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan berbatasan dengan kabupaten Cianjur di propinsi Jawa Barat. Secara geografis Puncak terletak 70 km di sebelah selatan Jakarta dengan ketinggian 700 sampai 1.800 m di atas permukaan laut. Wilayah Puncak terletak di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango, dan sebagaian besar lereng pegunungan Gede sebagai Taman Nasional Gede Pangrango. Karena ketinggiannya, udara di Puncak sangat dingin. Rata-rata suhu udara dalam setiap harinya mencapai 14-20 derajat celcius.

Hamparan ribuah hektar perkebunan teh, milik PT. Perkebunan Nusantara VIII Gunung Mas yang merupakan peninggalan pemerintah kolonial Belanda cukup memanjakan mata untuk melepas kelelahan.Tak heran daerah ini menjadi alternative peristirahatan penduduk Jakarta karena kesejukan dan keindahan alamnya. Daerah Puncak dikenal sebagai daerah wisata pegunungan tidak hanya oleh masyarakat kabupaten Bogor dan Jabodetabek tapi dikenal sampai mancanegara. Tak heran bila di daerah Puncak terdapat hunian atau perkampungan “yang orang menyebutnya kampung arab”.

Daerah Puncak memiliki kontur alam yang cukup unik dengan di selimuti perkebunan teh berlatarbelakang pegunungan Gede dan Pangrango. Maka tak heran keindahan Puncak memukau Presiden Soekarno, sehingga Beliau sempat membangun sebuah restoran yang diberi nama restoran Riung Gunung, hanya untuk sekedar menikmati keindahan alam Puncak.

Bila kita singgah di Puncak, kita pun akan dimanjakan dengan berbagai pengembangan lokasi wisata sebagai tempat rekreasi dan argowisata untuk keluarga. Argowisata tersebut diantaranya Perkebunan teh Gunung Mas, Gantole, Taman Safari Indonesia, Taman Bunga Nusantara, Kebun Raya Cibodas, Telaga warna, dan Taman Matahari. Rasanya satu hari tidak cukup untuk kita bermesraan dengan argowisata tersebut. Satu hari belum cukup untuk kita melukiskan sebuah keindahan alam yang membuat kita semua jatuh cinta.

Untuk mencapai wisata alam Puncak tidaklah sulit, akses jalannya sangat mudah, karena memang sudah tertata dengan sangat baik. Pembaca yang datang dari Jakarta, tol Jagorawi dan tol Bocimi menjadi gerbang akses menuju Punjak. Jangan ditanya diakhir pekan kemacetan sangat luar biasa, sehingga diterapkan pengaturan lalulintas buka-tutup. Bila pembaca dari Bandung jalan akses menuju Puncak bisa ditempuh melalui Cianjur. Biasanya para pengunjung untuk menghindari kemacetan melalui jalur tikus yng dipandu oleh joki wisata dengan jasa 3.000 samapai 5.000 rupiah.

Sebelum mencapai Puncak Pass (puncak tertinggi di daerah Puncak) kita pun bisa singgah di restro yang memanjakan lidah dengan beraneka menu masakan. Sebut saja ada rumah makan Bumi Aki yang menyajikan menu masakan khas Sunda. Melrimba M Garden, restro nuansa alam untuk rehat yang nyaman, RM Bumi Nini Puncak, dan yang paling melegenda adalah Puncak Pass Resort. Puncak Pass resort adalah rumah makan bergaya bungalow kamar yang dilengkapi dengan kolam renang dengan pemandangan yang sangat indah.

Saya ingatkan, jangan lupa juga mencicipi jagung bakar khas Puncak yang legit berteman wedhang ronde atau sekotheng. Bila kita ingin tinggal cukup lama di Puncak untuk menikmati dinginnya udara puncak dan bercengkrama dengan embun di pucuk daun teh banyak pilihan hotel yang siap menyambut kita untuk beristirahat.

Tak berlebihan bila saya katakan Puncak adalah mascot wisata di Kabupaten Bogor dengan sejuta pesona. Saya pun selalu merindukan Puncak untuk membangun inspirasi masa depan, dan mengubur masa silam. Kapan Anda akan datang ke Puncak untuk meninggalkan sesunting senyuman ???? Puncak menunggunya dengan kehangatan cintanya.

@ps_selayangpandangkabbogor

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Cakep bu haji

04 Jul
Balas

Yuk ke puncak pass

04 Jul

Aduuuh neng indah selali selanyang pandangnya gunung pangrango

04 Jul
Balas

Heeeee, hayooo ke sini mbak

04 Jul

Semoga masalah kemacetan di wilayah itu segera dapat teratasi oleh Pemda Kabupaten Bogor agar lebih memberikan kenyamanan buat wisatawan

04 Jul
Balas

Amin yra

04 Jul

Bogor Icon.

04 Jul
Balas

Kabupaten Bogor at glance

04 Jul
Balas

Yes Ok

04 Jul



search

New Post